Latest News

Friday, July 19, 2013

Larangan Menghamparkan Tangan Seperti Binatang Buas Ketika Sujud

Dari Anas bin Malik rodhiyallaahu ‘anhu, dari Nabi shollallaahu ‘alayhi wa’alaa aalihi wasallam, beliau bersabda,

اعتدلوا في السجود ولا يبسط أَحدكم ذراعيه انبساط الكلب

“Seimbanglah di dalam sujud, dan janganlah seseorang dari kamu menghamparkan kedua lengannya sebagaimana terhamparnya (kaki) anjing.”
{HR. Bukhori, no.822. Dan Muslim, no.493.}

Hadits ini merupakan dalil larangan menghamparkan dua lengan di tanah (lantai atau tempat sujud, -pen.). Sunnah Nabi shollallaahu ‘alayhi wa’alaa aalihi wasallam mengajarkan untuk mengangkat dua lengan (ketika sujud), sedangkan yang diletakkan di tanah adalah dua telapak tangan.
Orang yang sholat dilarang melakukan itu, karena keadaan itu adalah keadaan atau sifat orang yang malas. Sementara orang yang sedang sholat di tuntut berada dalam keadaan paling bersemangat dan menghindarkan diri dari semua keadaan yang menimbulkan kemalasan dalam semua rukun-rukun sholat. Disamping itu juga, keadaan itu menyerupai binatang buas dan anjing. Adalah suatu yang tidak pantas bagi manusia yang telah dimuliakan dan diutamakan oleh Allah menyerupai binatang, apalagi dalam keadaan sholat.”

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 blogger-facebook:

Post a Comment

Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM.
Untuk pertanyaan di luar topik artikel silahkan kik OOT (apabila dipertanyakan di sini, mohon maaf apabila tidak dibalas).

Item Reviewed: Larangan Menghamparkan Tangan Seperti Binatang Buas Ketika Sujud 9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.
Scroll to Top